BERITA TIPS MAGANG & KARIER Tips Memiih Tempat Magang, Awas Salah Masuk Perusahaan!

Tips Memiih Tempat Magang, Awas Salah Masuk Perusahaan!

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 10 Agustus 2023

Tips Memiih Tempat Magang, Awas Salah Masuk Perusahaan!

Inilah tips memilih tempat magang yang bisa kamu lakukan. Magang merupakan kesempatan penting yang bisa mempengaruhi karirmu di masa depan. Oleh karenanya, jangan salah pilih perusahaan tempat magang.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Tips memilih tempat magang - Magang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan mahasiswa semester 5 sebagai syarat kelulusan. Namun, terlepas dari persyaratan itu sendiri, magang memberikan segudang manfaat untuk persiapan terjun ke dunia kerja.

Magang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktis di lapangan, memperluas jaringan profesional, dan memperoleh wawasan tentang dunia pekerjaan. Oleh karenanya, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih tempat magang.

Salah-salah, kamu bisa saja terjebak di perusahaan yang kurang tepat. Padahal memilih tempat magang adalah langkah penting untuk memastikan kamu mendapatkan manfaat optimal dari pengalaman tersebut. Berikut merupakan tips memilih tempat magang yang bisa kamu ikuti.

1. Kenali Tujuan Magang

Sebelum mencari tempat magang, sangat penting bagi kamu untik mengenali dengan jelas tujuan dari magang itu sendiri. Apakah kamu ingin mendapatkan pengalaman dalam industri tertentu, mengembangkan keterampilan teknis, atau membangun jaringan profesional? Kamu mungkin bisa memperoleh ketiganya sekaligus.

Meski demikian, mengetahui tujuan magang akan membantu kamu memilih perusahaan yang sesuai dengan visi jangka panjang. Perlu diingat, magang tidak hanya dilakukan oleh siswa SMK dan mahasiswa saja. Banyak dari mereka yang menempuh jalur magang sebagai persiapan sebelum bekerja.

Tips Memilih Tempat Magang - GAMELAB.ID

2. Sesuaikan dengan Minat

Pilih perusahaan yang beroperasi di bidang yang sesuai dengan minatmu dan ingin kamu eksplorasi. Magang adalah kesempatan untuk mengetahui lebih dalam tentang industri tersebut, dan memiliki minat yang kuat akan membuat pengalaman magang lebih bermakna. Minat juga mendorong motivasi agar kamu bersungguh-sungguh mencapai tujuan magangmu.

3. Pertimbangkan Jurusan

Jika kamu sedang menempuh pendidikan SMK atau perkuliahan, kamu mungkin diharuskan magang sesuai dengan jurusan perkuliahan. Hal ini akan membantumu memilih tempat magang yang membuka kesempatan di bidang yang kamu pelajari. Selain itu,magang sesuai jurusan juga membuatmu bisa mengimplementasikan hal-hal yang sebelumnya kamu pelajari di sekolah dan universitas.

Bahkan jika kamu melakukan magang dengan tujuan untuk mencari kerja, tidak ada salahnya untuk tetap berada di jalur yang sama dengan apa yang kamu pelajari saat masih bersekolah. Namun, pastikan jurusan tersebut masih sesuai dengan minat kamu yang sekarang.

4. Keuntungan yang DItawarkan

Sebelum memutuskan tempat magang, kamu juga perlu memperhatikan benefit atau keuntungan-keuntungan apa yang mungkin ditawarkan perusahaan. Bisa saja, jika kinerjamu bagus, suatu tempat magang mungkin akan mempertimbangkan mengangkatmu menjadi pegawai tetap setelah lulus sekolah atau kuliah.

5. Perusahaan yang Kredibel

Lakukan penelitian menyeluruh tentang perusahaan yang ingin kamu lamar untuk magang. Ketahui misi, visi, budaya kerja, dan proyek-proyek yang mereka jalankan. Hal ini akan membantumu memastikan kesesuaian antara nilai-nilai yang kamu miliki dan nilai-nilai yang dimiliki perusahaan.

Pertimbangkan juga apakah kamu ingin magang di perusahaan besar, menengah, atau startup. Setiap tipe perusahaan memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri. Perusahaan besar mungkin menawarkan struktur organisasi yang jelas, sementara startup bisa memberimu lebih banyak tanggung jawab dan peluang belajar serbaguna.

Yang pasti, pastikan perusahaan yang kamu masuki memiliki kredibilitas yang baik di mata masyarakat. Hal ini bisa kamu ketahui dengan mencari tahu rating atau review dari pelanggan mereka.

6. Riset Tanggung Jawab Pekerjaan

Saat magang, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab pekerjaan yang akan kamu lakukan. Pastikan tempat magangmu masih relevan dengan tujuan keilmuan yang ingin kamu pelajari dan kembangkan. Mengetahui tanggung jawab pekerjaan juga membantumu lebih fokus dan tidak bekerja secara berlebihan.

7. Pertimbangkan Lokasi Magang

Kamu bisa melakukan magang di mana saja. Saat ini, magang bahkan bisa dilakukan secara online. Mempertimbangkan lokasi perusahaan juga merupakan faktor penting sebelum menetapkan pilihan tempat magang.

Ketika magang, ada hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti biaya hidup, lingkungan, hingga peluang di luar pekerjaan. Pertimbangkan apakah kamu ingin magang di kota besar, kota kecil, di luar negeri, atau magang secara online. Setelahnya, sesuaikan hal-hal tersebut dengan kebutuhanmu. Pilih lokasi yang paling mendekati kebutuhan tersebut.

8. Tujuan Jangka Panjang

Selain manfaat secara langsung yang akan kamu dapatkan saat menjalani magang, pertimbangkan juga bagaimana magang ini akan berpengaruh pada karirmu dalam jangka panjang. Misalnya, apakah perusahaan tersebut dikenal dalam industri atau tidak, juga apakah pengalaman magang di perusahaan tersebut akan menambah nilai pada resume atau tidak.

Tips Memilih Tempat Magang - GAMELAB.ID

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Tempat Magang yang Tepat? Ini Rahasianya!

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih tempat magang. Tentu, kamu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan magang untuk bermain-main saja. Sebab, magang berpotensi mempengaruhi bagaimana karirmu berjalan di masa depan.

Jika saat ini kamu sedang mencari tempat magang yang berkecimpung di bidang teknologi, industri kreatif, dan bisnis manajemen, kamu bisa memilih GAMELAB.ID sebagai perusahaan tempatmu magang.

Program magang/PKL GAMELAB.ID akan membantumu menguasai keterampilan di bidang yang telah disebutkan, sehingga kamu semakin siap menghadapi dunia kerja. Yuk, daftar magang ke GAMELAB.ID dengan cara menghubungi link ini.

 


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 10 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI