BERITA PRAKERJA Adobe Photoshop vs CorelDRAW: Kelebihan dan Kekurangan dalam Desain Grafis

Adobe Photoshop vs CorelDRAW: Kelebihan dan Kekurangan dalam Desain Grafis

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 1 Agustus 2023

Adobe Photoshop vs CorelDRAW: Kelebihan dan Kekurangan dalam Desain Grafis

Adobe Photoshop dan CorelDRAW sangat populer digunakan dalam desain grafis. Namun, apa kelebihan dan kekurangan masing-masing software ini?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia desain grafis, dua perangkat lunak yang sering dibandingkan adalah Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Kedua software ini populer di kalangan desainer, fotografer, dan seniman digital karena memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengolah gambar dan menciptakan karya seni digital. Lalu, apa saja kelebihan dan kekukarangan dua perangkat lunak tersebut? Simak artikel berikut untuk mengetahui ulasannya.

Kelebihan Adobe Photoshop

Diluncurkan pada tahun 1988 dan menjadi salah satu perangkat lunak desain grafis paling populer di dunia. Adobe Photoshop memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

1. Editing Gambar Raster yang Kuat

Photoshop menawarkan berbagai alat dan fitur yang sangat kuat untuk mengedit gambar raster, seperti mengubah ukuran, memotong, menyesuaikan warna, dan menerapkan efek artistik.

2. Kemampuan Layer

Adobe Photoshop memberikan kelebihan bagi pengguna untuk dapat menggabungkan beberapa elemen dalam satu gambar menggunakan lapisan (layer), sehingga pengguna bisa memisahkan setiap elemen dan mengeditnya tanpa merusak bagian dari gambar lainnya.

3. Tools yang Lengkap

Software yang lebih dikenal sebagai Photoshop ini memiliki beragam alat gambar yang memungkinkan pengguna untuk menggambar secara bebas dan kreatif. Banyaknya tools yang ditawarkan juga membantu pengguna menghemat waktu saat melakukan pengolahan desain. Dengan kata lain, pengguna bisa melakukan berbagai macam pengeditan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

4. Kompatibilitas Universal

Format file Photoshop, yaitu .PSD, dapat dibuka dan diedit di berbagai perangkat lunak desain grafis lainnya. Bukan itu saja, aplikasi ini juga bisa mengedit hampir semua fomat gambar. Bahkan untuk format yang belum didukung, ada plugin yang bisa mengatasinya.

5. Tersedia di Semua Platform

Aplikasi Adobe Photosop tersedia di hampir semua platform, misalnya di Window, macOS, iOS, Android, dan lainnya. Meskipun terdapat perbedaan interface karena sistem operasi yang berbeda, tetapi tools yang ditawarkan Adobe Photoshop tetap lengkap.

Kekurangan Adobe Photoshop

Berikut merupakan beberapa kekurangan yang dimiliki Adobe Photoshop:

1. Kompleksitas

Banyaknya fitur dan alat yang ditawarkan Adobe Photoshop membuat antarmukanya terlihat kompleks bagi pemula. Pengguna baru mungkin memerlukan waktu untuk belajar cara menggunakan alat-alat ini dengan efektif.

Adobe Photoshop vs CorelDRAW - GAMELAB.ID

2. Harga Mahal

Photoshop termasuk perangkat lunak berbayar yang mahal. Hal ini bisa menjadi hambatan bagi mahasiswa atau mereka yang baru memulai di dunia desain grafis dan ingin menjajal photoshop.

3. Tidak Ideal untuk Desain Vektor

Meskipun Photoshop dapat membuat gambar vektor menggunakan alat pena, namun ini bukan keahliannya yang utama. CorelDRAW lebih cocok untuk desain vektor yang kompleks.

Kelebihan CorelDRAW

CorelDRAW diluncurkan setahun setelah Adobe Photoshop, yakni pada tahun 1989 oleh Corel Corporations. Software ini menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut merupakan kelebihan software CorelDRAW dalam Desain Grafis

1. Desain Vektor yang Kuat

Kebalikan dari Adobe Photoshop, CorelDRAW dirancang khusus untuk desain vektor, sehingga ideal untuk menciptakan logo, ilustrasi, dan desain grafis lainnya yang memerlukan ketajaman dan skalabilitas tinggi.

2. Antarmuka Pengguna yang Ramah

CorelDRAW memiliki antarmuka pengguna yang lebih mudah dipahami, terutama bagi mereka yang baru mengenal desain grafis vektor. Ini membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pemula.

Adobe Photoshop vs CorelDRAW - GAMELAB.ID

3. Toolset Kreatif yang Lengkap

CorelDRAW menyediakan beragam alat (tools) yang lengkap yang bisa mendukung kreativitas  penggunanya dalam menciptakan desain grafis yang tak hanya menarik, unik, tapi juga inovatif.

4. Kompatibilitas yang Luas

Meskipun CorelDRAW menggunakan format file .CDR, perangkat lunak ini juga mampu mengimpor dan mengekspor ke berbagai format file populer, termasuk format file Adobe Illustrator (.AI).

5. Harga yang Lebih Terjangkau

CorelDRAW cenderung lebih terjangkau daripada Adobe Photoshop, sehingga lebih menarik bagi mereka yang mencari opsi dengan anggaran lebih terbatas. Meski demikian, software ini tetap menawarkan kelengkapan desain grafis vektor yang baik.

Kekurangan CorelDRAW

Berikut merupakan kekurangan perangkat lunak CorelDRAW dalam desain grafis:

1. Kurang Mendukung Gambar Raster

CorelDRAW tidak sekuat Photoshop dalam mengedit gambar raster. Pengguna mungkin akan mengalami keterbatasan ketika mencoba untuk memanipulasi foto atau gambar yang kompleks. Sehingga tidak direkomendasikan untuk melakukannya.

2. Kurangnya Integrasi dengan Aplikasi Lain

Adobe Photoshop secara naik memiliki integrasi yang lebih baik dengan produk Adobe lainnya, seperti Adobe Illustrator dan Adobe InDesign. CorelDRAW memiliki kekurangan dalam hal integrasi antara produk mereka.

3. Penyimpanan Besar

Software ini juga memiliki hasil penyimpanan yang besar, sehingga akan memakan banyak kapasitas memori pada perangkatmu. Bukan itu saja, tidak semua laptop mendukung penggunaan CorelDRAW. Sebaiknya laptop yang kamu gunakan memiliki kapasitas RAM yang besar jika ingin menjadikan perangkat lunak ini sebagai software utama desain grafis.

Baca Juga : Tutorial Menggambar Karakter Marbel Milik Educa Studio

Penutup

Itulah kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop dan CorelDRAW dalam desain grafis. Secara umum, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari kedua software ini. Sebab, penggunaannya tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan desainmu.

Jika kamu lebih sering bekerja dengan gambar raster dan membutuhkan kemampuan pengeditan yang kuat, Adobe Photoshop akan menjadi pilihan yang lebih baik. Tetapi, jika kamu lebih tertarik membuat desain vektor dan menciptakan desain grafis yang kompleks, CorelDRAW dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Kamu juga bisa mempelajari cara Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Designer Grafis di GAMELAB.ID. Kelas ini bisa diambil oleh kamu yang terdaftar sebagai peserta program prakerja. Yuk, manfaatkan voucher prakerjamu untuk ikutan kelas di GAMELAB.ID. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan hubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 1 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI