BERITA SMK 6 Kelebihan SMK yang Tidak Dimiliki SMA, Pilih Mana?

6 Kelebihan SMK yang Tidak Dimiliki SMA, Pilih Mana?

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 8 Agustus 2023

6 Kelebihan SMK yang Tidak Dimiliki SMA, Pilih Mana?

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh Sekolah Menengah Atas (SMA). Artikel ini akan mengulas mengenai 6 kelebihan SMK yang SMA tidak punya. Apa saja ya?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu sedang mencari sekolah jenjang menengah atas? Jika iya, maka kamu harus mempertimbangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai alternatif lain selain Sekolah Menengah Atas (SMA). Dewasa ini, banyak orang tua dan siswa yang lebih tertarik untuk masuk ke sekolah SMK. Tidak heran, sebab SMK menawarkan keunggulang-keunggulan yang tidak dimiliki oleh SMA.

Sekilas Tentang SMK dan SMA

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan yang setara. Namun, kedua sekolah ini memiliki tujuan yang berbeda. SMA merupakan sekolah yang lebih mengutamakan teori ketimbang praktik, yang mana proses pembelajarannya difokuskan dengan tujuan agar peserta didik dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Sementara SMK merupakan sekolah yang mengutamakan praktik vokasi ketimbang praktik, rata-rata lulusan SMK memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu, sehingga lulusannya lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

Meski demikian, bukan artinya siswa lulusan SMA tidak dapat langsung bekerja dan siswa SMK tidak bisa melanjutkan kuliah. Tentu, siswa SMA pun memiliki peluang untuk terjun ke dunia kerja, namun tidak sebesar peluang lulusan SMK yang dibekali keterampilan dan lebih familiar dengan dunia industri.

Kelebihan SMK yang Tidak Dimiliki SMA

Bersekolah di SMK, memberikanmu beberapa kelebihan yang bahkan tidak dimiliki oleh SMA. Berikut 6 kelebihan SMK yang SMA tidak punya.

1. Fokus pada Keahlian Praktis

Disinggung sebelumnya, berbanding terbalik dengan SMA yang memfokuskan proses pembelajaran pada teori dan sedikit praktik, siswa SMK difokuskan pada pembelajaran praktik dan sedikit teori.

Waktu belajar siswa SMK dan SMA adalah sama. Namun, SMK memiliki pendekatan yang lebih praktis dan terfokus pada pengembangan keahlian keterampilan yang spesifik dalam berbagai bidang sesuai dengan jurusannya, seperti otomotif, teknologi informasi, kecantikan, kuliner, tata busana, dan lain-lain. Dengan kata lain, guru yang mendidik lebih mengutamakan pelajaran jurusan ketimbang pelajaran lain.

Keterampilan-keterampilan yang dipelajari siswa SMK sangat bermanfaat untuk mempersiapkan diri agar bisa terjun langsung ke lapangan pekerjaan setelah lulus. Pembekalan keterampilan semacam ini tidak dimiliki oleh SMA sebagai bagian dari kurikulum pendidikannya.

2. Program Magang dan Kerja Praktik

Kelebihan lain yang dimiliki SMK dan tidak dimiliki SMA adalah adanya program magang dan kerja praktik. Program magang dan kerja praktik umumnya dilakukan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan, sekaligus sebagai upaya persiapan dunia kerja.

Namun, siswa SMK tak perlu menunggu lama untuk mengicip terjun langsung ke dunia industri. Program magang dan PKL menjadi kurikulum wajib yang harus dilaksanakan peserta didik di SMK.

Selain untuk menunjang nilai yang lebih bagus, program ini memberi kesempatan siswa SMK untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja sebenarnya, memperluas jaringan, dan menerapkan keterampilan yang mereka pelajari di sekolah.

Dengan bergabung sebagai intern di sebuah perusahaan, para siswa SMK akan memperoleh pengalaman kerja nyata yang sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana industri berjalan di dunia kerja.

Kelebihan SMK yang Tidak Dimiliki SMA - GAMELAB.ID

3. Koneksi dengan Dunia Industri

SMK memiliki kerjasama yang erat dengan industri terkait. Tentu, kerja sama semacam ini tidak dimiliki oleh SMA. Adanya kerja sama antara sekolah dengan perusahaan industri, membuat siswa memiliki akses ke sumber daya, teknologi, dan pengetahuan terbaru dalam industri yang sesuai dengan jurusannya. Koneksi ini membantu siswa memahami perkembangan terbaru dalam bidang keahlian mereka dan membentuk pandangan yang realistis tentang dunia kerja.

4. Kesempatan Karir Lebih Cepat

Pelatihan keterampilan melalui pembelajaran praktik, magang, dan kerja praktik, membantu siswa SMK mendapatkan keahlianya masing-masing. Siswa SMK lebih familiar dengan pekerjaan-pekerjaan nyata dibanding teori-teori yang didapatkan dari buku pelajaran.

Pelatihan keterampilan yang terarah membuat lulusan SMK memiliki peluang untuk langsung memasuki dunia kerja dalam bidang yang mereka pelajari. Di saat lulusan SMA mungkin masih bingung mencari tempat kuliah, siswa SMK telah mendapatkan keterampilan yang dapat diaplikasikan secara praktis, menjadikan mereka calon pekerja yang siap produktif.

Terjun langsung ke dunia kerja memberikan kesempatan karir yang lebih cepat kepada para lulusan SMK. Berbagai program keahlian yang ditawarkan juga membantu siswa SMK menjelajahi berbagai karir yang mungkin tidak bisa ditemukan di lingkungan pendidikan SMA.

5. Peluang Buka Usaha Lebih Mudah

Tidak semua lulusan SMK ingin bekerja dengan orang lain. Ada pula yang memiliki minat untuk mengembangkan usaha mereka sendiri. Bekal-bekal yang didapatkan selama menempuh pendidikan di SMK pun akan membantu siswa membuka peluang usahanya sendiri.

Misalnya saja, siswa jurusan bisnis dan manajemen lebih memahami langkah-langkah membuka bisnis, strategi yang digunakan, bahkan mungkin antisipasi kegagalan di masa depan. Namun, bukan artinya siswa SMA tidak memiliki peluang untuk membuka usahanya setelah lulus. Hanya saja, bekal keterampilan akan memberikan keunggulan pada lulusan SMK.

6. Masih Bisa Melanjutkan Kuliah

Meski siswa SMK dipersiapkan untuk langsung bekerja setelah lulus, tetapi mereka juga masih bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. Saat ini, terdapat banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan untuk lulusan SMK.

Selain itu, berkuliah juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk semakin mengasah keterampilannya. Ingin melanjutkan kuliah maupun langsung bekerja setelah lulus SMK merupakan pilihan yang sama-sama baik.

Kelebihan SMK yang Tidak Dimiliki SMA - GAMELAB.ID

Baca Juga : SMK Negeri 2 Surabaya Raih Pengalaman Berharga dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Penutup

Pada dasarnya, bersekolah di SMK maupun di SMA memiliki peran yang penting dalam sistem pendidikan. Lulusan SMA dan SMK jelas sama baiknya. Mereka memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

SMK dipersiapkan untuk siap berkecimpung di dunia kerja. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapan adalah dengan menjalani program magang/PKL. Jika kamu merupakan siswa SMK jurusan teknologi, desain grafis, desain multimedia, serta bidang manajemen dan bisnis, kamu bisa mengikuti program magang/PKL di GAMELAB.ID. Yuk daftar ke kelasnya, silahkan hubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 8 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI