BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Pentingnya Desain Komunikasi Visual dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Pentingnya Desain Komunikasi Visual dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 6 September 2023

Pentingnya Desain Komunikasi Visual dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Peran penting Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam berkontribusi membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Untuk apa saja ya?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Pentingnya Desain Komunikasi Visual - Industri kreatif saat ini menjadi tombak pertumbuhan ekonomi di Tanah Air karena dianggap mempercepat pertumbuhan di tengah perlambatan ekonomi digital. Satu di antara subsektor yang diperhitungkan membantu percepatan ekonomi Nasional adalah sektor Desain Komunikasi Visual (DKV).

Apa Itu Desain Komunikasi Visual?

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah seni dan ilmu yang mengomunikasikan ide, gagasan, atau pesan melalui elemen-elemen visual yang dirancang dengan baik. DKV juga menjadi sebuah jurusan atau program studi yang dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi. Jurusan ini fokus pada pengembangan kreativitas dan kemampuan visual untuk menciptakan karya desain.

Saat berbicara soal DKV, tentu kita tidak bisa meninggalkan elemen-elemennya. Elemen-elemen seperti gambar, teks, warna, dan bentuk, yang digunakan dalam DKV bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens dengan cara yang efektif dan estetis.

Di instansi pendidikan, jurusan DKV sangat cocok bagi kamu yang berkeinginan mengeksplorasi bakat di bidang desain. Umumnya, program studi DKV diminati oleh orang-rang yang memiliki ketertarikan dalam menggambar baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak grafis.

Jurusan DKV juga memiliki prospek kerja yang luas, terutama di pasar industri kreatif. Seorang lulusan DKV bisa berkarir di berbagai bidang, seperti periklanan, penerbitan, pengembangan web, sosial media, dll. Keahlian dalam mendesain juga memungkinkanmu untuk bekerja sebagai freelancer.

Lebih dari itu, kehadiran Desain Komunikasi Visual (DKV) yang menunjang keberhasilan sebuah merek juga sangat berpengaruh terhadap petumbuan ekonomi Nasional.

Pentingnya Desain Komunikasi Visual (DKV) - GAMELAB.ID

Peran Penting Desain Komunikasi Visual

Melansir laman kemenparekraf.go.id, disebutkan bahwa DKV menjadi satu di antara subsektor ekonomi kreatif yang menunjukkan pertumbuhan paling pesat. Di tahun 2017 lalu, DKV dan desain produk menjadi subsektor dengan kontribusi di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi kreatif, yakni 4,38%.

Seiring bertumbuhnya pula industri digital di Tanah Air, kebutuhan akan desain di tahun 2023 untuk mengembangkan suatu merek juga semakin gencar. Desain memiliki peran vital dalam mendukung bertumbuhnya sebuah bisnis, baik bagi perusahaan besar maupun brand kecil dan menengah.

Contoh sederhana yang menunjukkan betapa pentingnya sebuah desain bagi perusahaan adalah keberadaan logo dan gambar. Tentu saja, logo bukan sekedar produk grafis yang tidak bermakna.

Sebab, logo merupakan identitas visual yang paling penting untuk meningkatkan awareness, menciptakan kesan kuat agar audiens mengenal merek kita hanya dengan melihatnya.

Di sisi lain, digitalisasi media mendongkrak kebutuhan industri akan visual yang kian meroket. Gambar menjadi sebuah elemen penting yang turut membentuk kesan publik. Potensi meningkatnya sektor ekonomi digital karena desain turut menyita perhatian pemerintah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bahkan sempat membuat program publikasi karya bagi para pendesain dan mengupayakan agar pendesain lokal menjadi prioritas perusahaan domestik.

Secara lebih lanjut, berikut merupakan peran penting Desain Komunikasi Visual (DKV):

1. Branding dan Identitas Merek

DKV membantu perusahaan untuk membangun merek yang kuat dan mengidentifikasi diri mereka di pasar. Logo, warna merek, dan elemen visual lainnya menciptakan identitas merek yang penting untuk membedakan perusahaan dari pesaing, sehingga citra merek meningkat dan dapat membantu perusahaan mengisi pasar dengan lebih baik.

Dalam dunia pemasaran, branding dan identitas merek memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan konversi perusahaan. Hal ini mengukuhkan betapa pentingnya DKV dalam perannya memajukan bisnis dan perusahaan.

2. Pemasaran dan Iklan

DKV adalah elemen kunci dalam strategi pemasaran dan iklan. Kampanye iklan visual yang kuat dapat menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang produk dan layanan yang ditawarkan.

Hal ini akan memotivasi audiens untuk melakukan pembelian, sehingga menggerakkan pertumbuhan penjualan perusahaan. Iklan kreatif yang didukung oleh DKV juga bisa membantu perusahaan mencapai target pasar dengan lebih efektif.

3. Pengalaman Pelanggan

Desain visual memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. Tampilan toko fisik, situs web, dan aplikasi yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan terhadap merek yang kita tawarkan. Pada gilirannya, hal ini dapat meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis jangka panjang.

4. Industri Kreatif dan Kesenian

DKV juga merupakan elemen penting dalam industri kreatif dan seni di Indonesia. Aspek ini mencakup seni rupa, desain produk, periklanan, perfilman, dan banyak lagi. Pertumbuhan industri kreatif memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan ekspor budaya, dan meningkatkan pendapatan nasional.

5. Pariwisata

DKV berperan dalam promosi pariwisata Indonesia. Poster, brosur, situs web, dan materi promosi visual lainnya membantu menarik wisatawan dan menginspirasi mereka untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Tentu saja, pariwisata yang berkembang dapat memberikan kontribusi besar pada ekonomi negara.

6. Pengembangan Produk

Desain produk yang baik adalah bagian penting dalam pengembangan produk yang sukses. DKV membantu dalam merancang produk fisik, kemasan, dan tampilan produk lain yang sangat berpengaruh untuk memikat pelanggan. Perlu diingat, produk yang menarik secara visual juga memiliki daya tarik lebih besar di pasaran.

7. Pendukung Industri Kreatif

Industri kreatif seperti periklanan, seni rupa, desain, dan perfilman, merupakan sektor yang berkontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air. DKV memberikan landasan visual untuk sektor-sektor ini, membantu menghasilkan karya-karya kreatif yang berkualitas, menghasilkan pendapatan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Nasional.

8. Pengembangan Situs Web dan Aplikasi

Di era digital seperti saat ini, pengembangan situs web dan aplikasi bak sebuah keharusan yang tidak bisa ditinggalkan oleh dunia teknologi. Agar situs web dan aplikasi mendapatkan pelanggannya, dibutuhkan peran DKV dalam proses pengembangannya.

DKV membantu menciptakan antarmuka pengguna (UI) yang menarik dan estetis, membantu menjaga konsistensi merek di seluruh situs web atau aplikasi, membuat navigasi yang mudah dipahami dan intuitif, membantu menciptakan tampilan yang responsif, membantu dalam presentasi konten yang menarik, membantu pengguna memahami struktur dan hierarki situs web atau aplikasi, hingga menyampaikan emosi atau citra yang sesuai dengan tujuan situs web atau aplikasi agar pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam.

9. Pengembangan Ekosistem Startup

Tidak dipungkiri, saat ini industri startup di Indonesia semakin berkembang, di mana keberadaan perusahaan rintisan bahkan menapai ribuan di Indonesia. Di tahun 2022, pemerintah juga menyampaikan bahwa ekonomi digital Tanah Air bertumbuh pesat berkat startup.

Dalam perannya mendukung perkembangan ekosistem startup, DKV menciptakan branding yang menarik, desain aplikasi, dan kampanye pemasaran yang inovatif yang bisa menarik investor agar startup semakin maju.

10. Pendidikan dan Pelatihan

Sektor pendidikan juga mengandalkan DKV dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada siswa. Buku teks, materi pembelajaran, dan media pendidikan visual merupakan bagian penting dari sistem pendidikan yang berkualitas. DKV juga menjadi salah satu program studi di instansi pendidikan SMK dan perguruan tinggi yang memiliki banyak peminat.

Pelatihan-pelatihan desain grafis dan multimedia di era digital juga mampu menggaet anak-anak muda untuk mempelajarinya dengan tujuan ingin berkarier di bidang tersebut. Hal ini semakin membuktikan bahwa DKV dapat membantu industri berkembang dengan lebih baik dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pentingnya Desain Komunikasi Visual (DKV) - GAMELAB.ID

Baca Juga : Melangkah ke Dunia Desain: Menemukan Esensi Jurusan Desain Komunikasi Visual dan Peranannya di Era Sekarang!

Penutup

Secara keseluruhan, Desain Komunikasi Visual (DKV) memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk industri kreatif, ekonomi digital, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari.

DKV membantu kita berinteraksi dengan dunia secara visual, memahami informasi dengan lebih baik, dan mengekspresikan ide dan emosi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam era digital, peran DKV semakin dipertimbangkan karena kita yang juga semakin terhubung dengan konten visual melalui perangkat digital.

Apakah kamu memiliki ketertarikan untuk belajar di bidang DKV? Jika iya, kamu bisa meperdalam ilmu dan meningkatkan keterampilan dengan mengikuti Kelas Desain di GAMELAB.ID.

Apalagi jika kamu merupakan seorang penerima manfaat Kartu Prakerja, maka ini saatnya kamu menggunakan saldo pelatihan untuk belajar di Kelas Mengoperasikan CorelDraw untuk Menjadi Designer Grafis. Yuk, daftar ke kelas yang ingin kamu pelajari. Silahkan hubungi link ini untuk kelengkapan informasinya ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 6 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI