BERITA TIPS MAGANG & KARIER PKL Online: Solusi bagi Siswa SMK agar Tak Terjebak di Perusahaan Lintas Jurusan

PKL Online: Solusi bagi Siswa SMK agar Tak Terjebak di Perusahaan Lintas Jurusan

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 26 September 2023

PKL Online: Solusi bagi Siswa SMK agar Tak Terjebak di Perusahaan Lintas Jurusan

Saat ini, siswa SMK bisa melakukan kegiatan PKL Online tanpa perlu datang ke lokasi perusahaan. Hal ini juga meminimalisir salah pilih perusahaan magang.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bisa dilaksanakan secara online. PKL diketahui merupakan salah satu kurikulum pendidikan yang harus dipenuhi oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai syarat kelulusan.

Dalam beberapa kasus, terkadang siswa/mahasiswa terjebak di perusahaan tempat magang yang tidak memberikan tugas sesuai dengan jurusannya. Padahal, tujuan dari PKL/magang adalah untuk mempraktikkan hal-hal yang telah dipelajari di sekolah.

Ironisnya, ada pula kasus yang menunjukkan siswa PKL atau magang mendapatkan tugas-tugas yang tidak relevan dengan apa yang sudah dipelajari di sekolah. Seperti atasan 'nakal' yang memerintahkan siswa PKL untuk membuat kopi dalam tugas harian, membelikan rokok, dan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan pendidikan.

Tentu, kamu tidak ingin mengalami hal itu, bukan? Hal-hal semacam itu bisa dihindari dengan mengikuti PKL secara online dan memilih perusahaan yang tepat agar tidak terjebak dalam situasi seperti kisah di atas.

PKL Online - GAMELAB

Apa Itu PKL Online?

Praktik Kerja Lapangan atau yang disingkat sebagai PKL adalah program pendidikan atau pelatihan yang membuat siswa terlibat langsung di dunia industri untuk memberikan pengalaman kerja sesuai jurusannya.

Sedangkan PKL Online adalah sebuah metode di mana siswa dapat melakukan praktik kerja atau magang secara virtual atau daring untuk mempraktikkan pembelajaran di sekolah.

Artinya, peserta PKL Online tidak perlu secara fisik hadir di lokasi kerja atau perusahaan tempat magang, melainkan mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas dari perusahaan secara virtual melalui internet.

PKL Online sering digunakan dalam berbagai program pendidikan dan pelatihan di mana akses ke tempat kerja secara fisik mungkin sulit atau terbatas. Ini juga dapat menjadi solusi dalam situasi di mana pembelajaran jarak jauh atau kerja dari rumah menjadi kebijakan yang diterapkan, seperti yang terjadi selama pandemi Covid-19 kemarin.

Manfaat PKL Online

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti PKL Online, berikut di antaranya:

Menghindari Perusahan Lintas Jurusan

Dengan mengikuti program PKL Online, kamu bisa memilih sendiri bidang yang ingin dipelajari di perusahaan yang tepat demi terhindar dari perusahaan yang memberikan pekerjaan tidak sesuai dengan jurusan. Kamu bisa melakukan riset perusahaan dan riset bidang magang yang diinginkan dengan matang.

Akses Fleksibel

PKL Online memungkinkan siswa untuk mengakses materi kerja/pelatihan dari mana saja, selama perangkatmu terhubung dengan internet. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi keterbatasan geografis dalam pelaksanaan PKL. Kamu bisa memilih perusahaan yang kamu suka bahkan jika lokasinya tidak bisa dijangkau secara fisik.

Efisiensi Waktu dan Biaya

Mengikuti PKL secara online artinya kamu tidak perlu membuang-buang waktu untuk perjalanan ke lokasi kerja. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi, biaya kos, biaya makan, dan biaya-biaya lainnya.

Peningkatan Literasi Digital

Dilaksanakannya PKL Online membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam penggunaan teknologi, yang sangat penting dalam dunia yang semakin terdigitalisasi. PKL online memungkinkan siswa untuk menjadi lebih terampil dalam menggunakan perangkat lunak, platform, dan alat online yang relevan dengan pekerjaan mereka.

Pengembangan Keterampilan Mandiri

Saat melaksanakan PKL Online, siswa tidak bisa bertemu secara fisik dengan orang lain. Namun hal itu bisa membantu siswa agar terbiasa bekerja secara mandiri di lingkungan online, sehingga mereka bisa mengembangkan keterampilan mandiri, manajemen waktu, dan disiplin diri.

Keterampilan Komunikasi Online

PKL Online juga bisa membantu siswa dalam belajar berkomunikasi yang efektif secara online, termasuk melalui email, video konferensi, dan alat komunikasi digital lainnya.

PKL Online - GAMELAB

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Penutup

Dalam konteks PKL atau magang, siswa memiliki wewenang untuk menentukan sendiri perusahaan tempat ia akan mempraktikkan pembelajaran-pembelajaran yang didapat di sekolah.

Jika kamu terjebak di sebuah perusahaan yang menempatkanmu di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan, kamu memiliki dua opsi. Yakni melanjutkan PKL selama tidak melanggar peraturan sekolah atau mundur dan mencari perusahaan lain yang lebih relevan dengan jurusan di sekolah.

Keputusan tersebut sepenuhnya berada di tanganmu. Di sisi lain, jika kamu merupakan seorang siswa SMK yang sedang mencari tempat PKL di bidang teknologi, kreatif/desain, dan bisnis/pemasaran, kamu bisa mengikuti PKL online di Gamelab. Silahkan menghubungi link berikut untuk bertanya lebih lanjut mengenai program ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 26 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI