BERITA MSIB Program MSIB: Magang Bersertifikat dan Studi Independen, Apa Bedanya?

Program MSIB: Magang Bersertifikat dan Studi Independen, Apa Bedanya?

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 16 Agustus 2023

Program MSIB: Magang Bersertifikat dan Studi Independen, Apa Bedanya?

Perbedaan magang bersertifikat dan studi independen dalam program MSIB Kampus Merdeka. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Banyak mahasiswa saat ini sedang menjalani program MSIB Kampus Merdeka. Program ini dipersiapkan agar mahasiswa memiliki keterampilan yang bisa menunjang karir mereka setelah lulus. Adapun MSIB Kampus Merdeka memiliki dua program utama, yakni program magang bersertifikat dan program studi independen bersertifikat. Apa bedanya?

Apa Itu Program MSIB Kampus Merdeka?

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah program persiapan karir komprehensif, sebuah pembelajaran yang dirancang khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri, yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di luar kelas perkuliahan dengan jaminan konversi SKS yang diakui oleh perguruan tinggi.

MSIB merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Medeka yang dinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog (Kemendikbudristek). Singkatnya, inisiatif Kampus Merdeka oleh Kemendikbudristek menghadirkan visi untuk mengkolaborasikan pendidikan dengan kebutuhan industri melalui MSIB.

Bagi mahasiswa, program ini bertujuan untuk mengasah, mendapat kemampuan, pengetahuan, dan sikap di dunia industri dengan cara terlibat langsung dalam poryek nyata di luar pendidikan di perguruan tinggi.

Program ini juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk dapat direkrut oleh mitra/perusahaan industri agar dapat langsung bekerja setelah lulus. Mitra sendiri merupakan perusahaan dan organisasi yang memiliki kredibilitas terjamin, yang akan memberikan bimbingan kepada para mahasiswa.

Bagi mitra, program MSIB memberikan beberapa manfaat, yakni berupa kesempatan membangun kemitraan dengan perguruan tinggi di berbagai wilayah di Indonesia, mengasah keahlian karyawan dalam mentorship mahasiswa, memberi kesempatan mengajukan bantuan pembiayaan sesuai ketentuan program, serta memberi kesempatan melakukan rekrutmen dini pada mahasiswa.

Program MSIB dapat diikuti oleh mahasiswa yang ingin melengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang berguna untuk industri. Seluruh mahasiswa dari perguruan tinggi maupun swasta yang terdaftar di PDDikti bisa mengikuti program ini.

MSIB: Perbedaan Magang Bersertifikat dan Studi Independen - GAMELAB.ID

Perbedaan Magang Bersertifikat dan Studi Independen

Pada program MSIB, terdapat dua fokus program yakni Magang Bersertifikat dan Studi Independen. Berikut merupakan perbedaan Magang Bersertifikat dan Studi Independen.

Magang Bersertifikat

Pada program magang, mahasiswa akan menjadi siswa pelatihan (trainee) atau menjalani profesi di perusahaan atau organisasi mitra selama periode waktu tertentu. Keterlibatan mahasiswa dalam pengalaman bekerja secara nyata juga akan memberikan dampak pada perusahaan. Program magang juga wajib dilaksanakan secara luring.

  • Kriteria dalam program Magang Bersertifikasi Kampus Merdeka adalah:
  • Mahasiswa terlibat langsung dalam aktivitas internal di tempat magang.
  • Mahasiswa memperoleh ilmu yang relevan dari organisasi mitra.
  • Mahasiswa diberikan proyek dan dibekali modul pembelajaran yang relevan dengan persoalan proyek
  • Selain modul, dalam proses menyelesaikan proyek, mahasiswa juga didampingi oleh mentor profesional.
  • Mahasiswa mendapat peluang untuk menjadi Full Time Employee (FTE) setelah penilaian performa selama periode magang.
  • Mahasiswa mendapatkan sertifikasi keterampilan dari industri yang akan memberikan nilai tambah.

Studi Independen

Studi Independen adalah program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri. Organisasi mitra akan menyediakan pengetahuan dan keterampilan dengan tingkat relevansi tinggi di dunia kerja dan dunia usaha.

Pengetahuan tersebut dapat disampaikan dalam beberapa bentuk, seperti kursus singkat (short course), kemah kerja (bootcamp), massive open online course (MOOC), dan lainnya.

Setelah mendapatkan pengetahuan, program dilanjutkan dengan kegiatan kolaborasi bersama dengan sesama peserta maupun personil organisasi mitra dalam suatu proyek atau studi kasus.

Jika program magang menuntut mahasiswa untuk menjalani profesi di perusahaan, maka studi independen menyasar kepada masyarakat luas untuk meningkatkan keterampilan, baik hardskills maupun softskills. Pelaksanaan Studi Independen juga disarankan dilangsungkan secara luring.

Inilah karakteristik Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka:

  • Mahasiswa mempelajari kompetensi spesifik dan praktis yang dibutuhkan di masa depan.
  • Mahasiswa berinteraksi dengan ahli atau pakar di bidangnya dan memahami konsep penerapannya.
  • Mahasiswa mempraktikkan kompetensi ke dalam sebuah proyek riil atau nyata.
  • Mahasiswa mendapatkan modul pembelajaran yang relevan dan mendapatkan bimbingan mentor profesional dalam menyelesaikan proyeknya.
  • Proses pembelajaran harus memiliki porsi synchronous yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan pengajar, mentor, dan mahasiswa lainnya.
  • Kurikulum pembelajaran juga meliputi pengembangan soft skill yang terkait dengan bidang ilmu yang diajarkan.
  • Mahasiswa mendapatkan sertifikasi jika dinyatakan lolos evaluasi.
  • Mahasiwa mendapatkan peluang rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi rekananan dari penyedia Studi Independen.

MSIB: Perbedaan Magang Bersertifikat dan Studi Independen - GAMELAB.ID

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Penutup

Program MSIB dalam Kampus Merdeka merupakan inisiatif yang merangkul pendidikan dan industri, membantu peserta didik mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman praktis yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja.

Pilihan antara magang bersertifikat dan studi independen memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa dalam mengejar pengalaman yang sesuai dengan minat dan tujuan mereka. Program MSIB membuka pintu menuju pendidikan yang lebih relevan, kreatif, dan siap menghadapi masa depan yang penuh peluang.

Adapun GAMELAB.ID telah dipercaya untuk menjadi mitra industri dalam program MSIB Kampus Merdeka. Dengan demikian, kamu bisa mendaftar magang bersertifikat di GAMELAB.ID untuk mendapatkan pengalaman nyata di industri yang bergerak di bidang teknologi. Untuk mendaftar magang, silahkan hubunggi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 16 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI