BERITA PRESS RELEASE Pentingnya Kerja Sama SMK Binaan SMKS Darus Sholihin Puger dan Gamelab Indonesia

Pentingnya Kerja Sama SMK Binaan SMKS Darus Sholihin Puger dan Gamelab Indonesia

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 10 Oktober 2023

Pentingnya Kerja Sama SMK Binaan SMKS Darus Sholihin Puger dan Gamelab Indonesia

SMKS Darus Sholihin Puger bekerja sama dengan Gamelab Indonesia dalam program SMK Binaan guna menciptakan lulusan berkualitas yang siap kerja dan berwirausaha.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era yang terus berubah dengan cepat, pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan zaman agar menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing di dunia kerja yang kompetitif.

Dalam upaya ini, kerja sama antara sekolah dan industri menjadi sangat penting. Misalnya, kerja sama program SMK Binaan antara SMKS Darus Sholihin Puger dan Gamelab Indonesia.

SMK Binaan Upaya Kurangi Pengangguran

Pendidikan berperan penting dalam membentuk masa depan peserta didik. Meski begitu, fakta di lapangan menunjukkan bahwa hingga saat ini angka pengangguran terbuka lulusan SMK masih mendominasi.

Data Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Februari 2023 menunjukkan lulusan SMK yang tidak terserap pasar kerja yakni mencapai 9,60%. Angka ini juga merupakan yang tertinggi dibanding lulusan jenjang pendidikan lainnya.

Banyaknya lulusan SMK yang menganggur tentu menjadi perhatian khusus, mengingat tujuan pendidikan vokasi adalah untuk menghasilkan alumni yang kompeten dan siap terjun ke dunia kerja.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh SMK untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Salah satunya yakni melalui kerja sama dengan industri dalam program SMK Binaan.

Tidak ingin peserta didiknya gagap dalam persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, SMKS Darus Sholihin Puger pun menggandeng Gamelab dalam kerja sama SMK Binaan agar bisa menjalankan Kelas Industri.

 SMK Binaan SMK Darus Sholihin Puger - GAMELAB

Pentingnya Kerja Sama SMK Darus Sholihin Puger dan Gamelab

Siswa SMKS Darus Sholihin Puger yang terlibat dalam kerja sama SMK Binaan dengan Gamelab Indonesia merupakan siswa jurusan Multimedia (MM) dengan kompetensi Kelas Industri Digital Art.

Terjalinnya kerja sama antara SMKS Darus Sholihin Puger dan Gamelab Indonesia merupakan kolaborasi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah dan industri mampu saling mendukung dan bersinergi dengan baik.

Sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari kerja sama SMK Binaan ini antara lain:

1. Pembelajaran Praktis

Siswa SMKS Darus Sholihin Puger memiliki kesempatan untuk belajar secara langsung dari para profesional di Gamelab Indonesia. Mereka dapat mengikuti pelatihan, lokakarya, dan magang di industri, sehingga memberikan pengalaman praktis dan gambaran nyata tentang bagaimana suatu industri bekerja.

2. Penyesuaian dengan Kebutuhan Industri

Dalam industri teknologi informasi yang terus berkembang pesat, kurikulum pendidikan harus selalu diperbarui. Kerja sama SMK Binaan memungkinkan siswa-siswi SMKS Darus Sholihin Puger mendapatkan pembelajaran berdasar kurikulum yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Hal ini dapat membantu lulusan SMKS Darus Sholihin Puger untuk lebih siap bekerja saat lulus nanti.

3. Peluang Magang di Industri

Siswa dalam program SMK Binaan memiliki peluang untuk magang di industri yang relevan dengan jurusan mereka di sekolah. Magang adalah cara yang bagus untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman, serta membangun jaringan profesional di industri.

4. Peluang Karier yang Lebih Baik

Siswa yang telah mengikuti program kerja sama dengan industri memiliki peluang karier yang lebih baik. Mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih relevan dengan dunia kerja, sehingga lebih mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

5. Relasi dengan Dunia Industri

Relasi siswa SMK dengan dunia industri membantu menghubungkan teori dengan praktik, membuka peluang pekerjaan, dan memberikan perspektif yang lebih baik tentang apa yang diharapkan di dunia kerja. Hal ini memungkinkan siswa untuk lebih siap dan kompeten ketika mereka memasuki pasar kerja setelah lulus.

 SMK Binaan SMK Darus Sholihin Puger - GAMELAB

SMK Binaan Gamelab

Gamelab telah bekerja sama dengan lebih dari 185 sekolah di Indonesia. Tujuan utama Gamelab dalam SMK Binaan adalah untuk meningkatkan kualitas SMK, mendekatkan SMK dan industri, serta meningkatkan lulusan SMK. Adapun kerja sama SMK Binaan bisa diikuti oleh sekolah kejuruan yang memiliki jurusan-jurusan berikut: 

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)
  • Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT)

 SMK Binaan SMK Darus Sholihin Puger - GAMELAB

Baca Juga : Kunjungan dan Diskusi Tim GAMELAB.ID ke SMKN 9 Surakarta

Penutup

Kerja sama antara SMKS Darus Sholihin Puger dan Gamelab Indonesia adalah contoh nyata bagaimana pendidikan dan industri dapat saling mendukung untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul.

Ini adalah langkah positif dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan, khususnya dalam industri teknologi informasi dan digital yang terus berkembang.

Diharapkan, kerja sama semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk membangun hubungan harmonis dengan industri. Kamu juga bisa mengusulkan sekolahmu untuk bekerja sama dengan Gamelab dalam program SMK Binaan melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 10 Oktober 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI