BERITA TIPS MAGANG & KARIER Rekomendasi Tempat PKL Jurusan PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim)

Rekomendasi Tempat PKL Jurusan PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim)

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 28 September 2023

Rekomendasi Tempat  PKL Jurusan PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim)

Berikut rekomendasi tempat PKL untuk siswa SMK jurusan PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim). PKL adalah kurikulum wajib yang harus diselesaikan oleh siswa SMK.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Saat mencari tempat PKL atau magang, kamu tentu menginginkan mendapatkan perusahaan yang menempatkanmu pada tugas-tugas yang relevan sesuai dengan apa yang kamu pelajari saat di sekolah, bukan?

Misalnya, bagi siswa jurusan PPLG tentu berharap bisa mempraktikkan ilmunya di tempat magang. Artikel ini akan mengulas tentang rekomendasi tempat PKL bagi jurusan PPLG.

Apa Itu Jurusan PPLG?

PPLG atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempelajari cara mengembangkan perangkat lunak dan gim, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organsasi, hingga manajemen kualitas.

Jurusan ini sebelumnya lebih familiar dikenal sebagai jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Jurusan PPLG memiliki tujuan menciptakan lulusan yang ahli di bidang teknologi pengembangan perangkat lunak.

Jurusan PPLG berkaitan dengan software komputer, termasuk pembuatan website, aplikasi, game, dan segala yang berhubungan dengan pemrograman. Singkatnya, jurusan PPLG tak jauh-jauh dari coding, desain, dan algoritma.

Siswa SMK jurusan PPLG akan mendapatkan bimbingan dan pembelajaran mengenai dasar-dasar desain grafis, pemrograman dasar, sistem komputer, komputer dan jaringan dasar, basis data, produk kreatif dan kewirausahaan, pemodelan perangkat lunak, hingga pemrograman web dan perangkat bergerak.

PKL Jurusan PPLG - GAMELAB

Siswa SMK kelas X yang memilih jurusan PPLG wajib memiliki laptop/PC untuk menunjang proses pembelajaran. Mereka direkomendasikan memiliki laptop dengan standar tertentu seperti Proc core i3 , Ram 8Gb, SSD/HDD 500 Gb, USB 2.0/3.0 support, LCD/LED laptop Tidak terlalu Kecil, VGA port/HDMI port, dan Mouse.

Siswa yang belajar di jurusan ini bisa langsung bekerja setelah lulus atau melanjutkan kuliah di bidang yang relevan. Beberapa pekerjaan yang bisa digeluti antara lain software house, web/mobile development, junior programer, operator komputer, operator jaringan, database enginer atau database administrator, dll.

Sementara jurusan kuliah yang bisa diambil oleh lulusan PPLG antara lain jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Elektro, dll.

PKL Jurusan PPLG

Dalam proses belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), siswa harus menuntaskan pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai kurikulum wajib yang juga merupakan syarat kelulusan.

PKL adalah kegiatan belajar yang dilakukan dengan cara menempatkan dan melibatkan siswa dalam proses bekerja di dunia usaha/dunia industri (DU/DI) agar siswa dapat mempraktikkan pengetahuannya secara langsung di dunia kerja.

Dalam Kurikulum Merdeka, PKL atau yang disebut juga sebagai magang, menjadi mata pelajaran wajib yang harus dipenuhi siswa SMK dengan ketentuan sekurang-kurangnya selama 6 bulan alias 792 jam pelajaran untuk program SMK 3 tahun dan sekurang-kurangnya 10 bulan alias 1.368 jam pelajaran untuk program SMK 4 tahun.

Dalam proses mencari tempat PKL, tak jarang siswa menemui sejumlah kendala, di antaranya:

  • Persaingan Tinggi: Banyak siswa SMK bersaing untuk mendapatkan tempat magang di perusahaan yang diinginkan. Karena itu, perusahaan sering kali menerima siswa PKL/magang dalam jumlah terbatas.
  • Keterbatasan Pengetahuan dan Keterampilan: Beberapa siswa SMK mungkin tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat mereka melamar PKL.
  • Kurangnya Koneksi: Siswa SMK mungkin tidak memiliki jaringan atau hubungan yang kuat dengan dunia industri, sehingga sulit untuk menemukan tempat magang yang cocok bagi mereka.
  • Kurangnya Informasi: Beberapa siswa mungkin tidak memiliki informasi yang cukup tentang perusahaan-perusahaan yang menyediakan program PKL/magang, atau mereka mungkin tidak tahu cara mengakses informasi tersebut.
  • Persyaratan Ketat dari Perusahaan: Beberapa perusahaan memiliki persyaratan yang ketat untuk menerima siswa PKL, seperti nilai yang tinggi atau keterampilan tertentu.
  • Masalah Geografis: Siswa yang tinggal di daerah tertentu mungkin menghadapi kesulitan dalam menemukan perusahaan yang sesuai untuk PKL.

PKL Jurusan PPLG - GAMELAB

Baca Juga : Mengupas Peran Magang dan PKL, serta 10 Alasannya Mengapa Penting untuk Siswa SMK

Rekomendasi Tempat PKL Jurusan PPLG

Apakah kamu seorang siswa SMK jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) yang sedang mencari tempat magang? Jika iya, kamu bisa mengikuti program PKL/magang di Gamelab.

Kamu akan diberi kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung hal-hal yang sudah kamu pelajari di sekolah. Jangan khawatir tentang persaingan yang ketat, masalah geografis, hingga keterbatasan pengetahuan, sebab kamu bisa langsung diterima dan bisa belajar dari mana saja.

PKL bisa dilaksanakan secara online menggunakan Learning Management System (LMS). Ini juga memberikan manfaat berupa akses materi yang fleksibel serta efisiensi waktu dan biaya, mengingat peserta tidak perlu menempuh perjalanan ke lokasi maupun membayar sewa untuk tempat tinggal. Yuk, daftar PKL di Gamelab dengan menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 28 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI