BERITA PRAKERJA Insentif Prakerja 2023 Auto Cair Berkat Pelatihan Ini

Insentif Prakerja 2023 Auto Cair Berkat Pelatihan Ini

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 12 September 2023

Insentif Prakerja 2023 Auto Cair Berkat Pelatihan Ini

Kamu bisa mencairkan insentif Prakerja 2023 senilai Rp700 ribu jika sudah mengikuti pelatihan pertama. Diketahui, total intensif Prakerja mencapai Rp4,2 juta.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Insentif Prakerja 2023 yang bisa dicairkan oleh penerima manfaat adalah Rp700 ribu. Untuk mencairkannya, kamu perlu membeli pelatihan pertama terlebih dulu dan menyelesaikannya. Artikel ini akan mengulas mengenai 6 rekomendasi pelatihan Prakerja 2023 yang bisa membantumu mencairkan insentif.

Insentif Prakerja Rp700 Ribu

Diketahui, insentif Prakerja 2023 yang bisa masuk ke kantong penerima manfaat adalah Rp700 ribu. Besaran ini tak lebih tinggi dari insentif Prakerja periode 2020-2022, sebab kini Prakerja berjalan dengan skema normal, bukan skema bantuan sosial.

Dalam skema normal, Prakerja difokuskan pada peningkatan kompetensi para buruh/pekerja yang membutuhkan pekerjaan, menjadi korban PHK, tidak berpenghasilan, dan butuh meningkatkan keterampilan untuk bersaing di pasar kerja.

Insentif Prakerja 2023 Rp700 ribu terdiri dari insentif mencari kerja Rp600 ribu dan insentif pengisian survei sebesar Rp50 ribu yang diberikan sebanyak dua kali, yakni dengan total Rp100 ribu.

Total insentif Prakerja 2023 sendiri mencapai Rp4,2 juta, dengan rincian insentif biaya pelatihan Rp3,5 juta, Rp600 ribu insentif mencari kerja, dan Rp100 ribu untuk insentif pengisian survei.

Perlu dicatat, insentif Rp3,5 juta hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan. Jika nantinya biaya tersebut masih tersisa karena belum digunakan, maka sisanya tidak bisa dicairkan dalam bentuk apapun dan akan dikembalikan ke Kas Negara.

Insentif Prakerja 2023 - GAMELAB

Rekomendasi 6 Pelatihan Prakerja 2023

Disinggung sebelumnya, Insentif Prakerja 2023 tidak akan bisa dicairkan jika kamu tidak menyelesaikan pelatihan pertama. Berikut merupakan rekomendasi pelatihan-pelatihan Prakerja 2023 yang bisa membantumu mencairkan insentif Rp700 ribu.

Pelatihan Trello

Pelatihan Prakerja ini membantumu untuk bisa menggunakan Trello, yakni alat manajemen kerja berbasis papan digital yang populer dan banyak digunakan oleh individu maupun tim untuk mengorganisir pekerjaan mereka. Mulai dari memantau jalannya pekerjaan tim, memberikan penugasan, memberikan komentar (review tugas), merencanakan pekerjaan, dan lainnya.

Trello sendiri memiliki papan kerja (board), daftar (list), dan kartu (card) yang membuat pekerjaanmu lebih tertata rapi, tidak berantakan, dan terpantau dengan baik. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika pandai mengoperasikan Trello:

  • Visualisasi Tugas: Trello memungkinkanmu untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi tugas dengan jelas. Kamu bisa menggunakan kartu untuk mewakili tugas atau proyek tertentu dan memindahkannya melalui berbagai daftar untuk mencerminkan statusnya (misalnya, "To Do," "In Progress," "Done").
  • Kolaborasi Tim: Kamu bisa berbagi board Trello dengan anggota tim dan berkolaborasi secara real-time. Ini memungkinkan tim untuk melihat dan mengedit tugas-tugas, serta memberikan komentar atau catatan terkait pekerjaan yang sedang berlangsung.
  • Pemantauan Progres: Trello memungkinkan melihat kemajuan proyek dengan mudah, melihat tugas mana yang sudah selesai, yang sedang dalam proses, dan yang belum dimulai.
  • Manajemen Dokumen: Trello memungkinkanmu untuk melampirkan dokumen, gambar, atau file lainnya ke kartu tugas.

Pelatihan Desain Grafis

Pelatihan desain grafis menjadi salah satu kelas Prakerja paling direkomendasikan di era digital seperti saat ini. Kebutuhan akan desain di pasar kerja tak bisa dihindari, sebab desain memiliki pengaruh cukup besar terhadap konversi penjualan perusahaan maupun bisnis kecil dan menangah.

Berikut sejumlah alasan mengapa kamu pelu mengikuti pelatihan Prakerja desain grafis:

  • Tuntutan Pasar Kerja: Permintaan untuk profesi desainer grafis terus meroket seiring semakin dibutuhkannya komunikasi visual di era digital.
  • Keterampilan yang Jadi Incaran: Keterampilan desain grafis, termasuk penggunaan perangkat lunak desain, pemahaman tentang estetika, dan kemampuan untuk mengomunikasikan pesan melalui desain, sangat dicari oleh berbagai industri, termasuk periklanan, media digital, e-commerce, dan lainnya.
  • Kreativitas dan Inovasi: Pelatihan desain grafis merangsang kreativitas dan inovasi yang dapat diterapkan di berbagai konteks, seperti desain web, grafik promosi, pembuatan konten multimedia, dan sebagainya.
  • Penerapan di Berbagai Bidang: Keterampilan yang kamu pelajari dalam pelatihan desain grafis dapat diterapkan di berbagai konteks, seperti desain web, grafik promosi, pembuatan konten multimedia, dan sebagainya.
  • Kemungkinan Pendapatan yang Tinggi: Desainer grafis dengan pengalaman tinggi dan skill mumpuni sering memiliki potensi pendapatan yang tinggi. Kamu juga bisa bergelut menjadi freelancer dengan keterampilan ini.

Pelatihan Instagram Marketing

Tak kalah pentingnya dari desain grafis, pelatihan instagram marketing juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mempelajari skill baru. Pelatihan Prakerja instagram marketing cocok diikuti oleh kamu yang ingin meningkatkan penjualan, mengembangkan sebuah bisnis, atau sekedar ingin belajar skill baru.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu perlu mengambil pelatihan ini:

  • Meningkatkan Penjualan: Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1 miliar per bulan, Instagram memberikan akses ke audiens yang sangat luas.
  • Platform Visual: Sebagai platform berbasis gambar dan video, penggunaan Instagram memungkinkan bisnis untuk berbagi konten visual yang menarik, termasuk gambar produk, video promosi, dan cerita merek.
  • Analitik yang Kuat: Instagram menyediakan alat analitik yang kuat yang memungkinkan bisnis untuk melacak kinerja kampanye mereka dan mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan.
  • Peluang Freelance: Belajar instagram marketing juga membuka peluang freelance di bidang marketing, terutama dalam pengelolaan konten-konten Instagram untuk kepentingan pemasaran.

Pelatihan Copywriting

Copywriting menjadi pilihan kelas lainnya yang bisa dipertimbangkan untuk diikuti, sehingga kamu bisa melakukan pencairan insentif Rp700 ribu. Mengikuti pelatihan Prakerja copywriting memiliki sejumlah alasan penting, terutama jika kamu memiliki ketertarikan di dunia pemasaran, komunikasi, atau bahkan jika kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis secara umum.

Copywriting sendiri adalah seni menulis yang efektif untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan tindakan tertentu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu mengikuti pelatihan Prakerja copywriting:

  • Meningkatkan Kemampuan Menulis: Dalam pelatihan ini, kamu akan belajar teknik-teknik menulis yang kuat dan efektif yang dapat Anda terapkan dalam berbagai konteks.
  • Peningkatan Kemampuan Komunikasi: Copywriting melibatkan kemampuan untuk mengkomunikasikan pesan dengan jelas, persuasif, dan menarik yang bisa diterapkan di berbagai aspek, termasuk dalam pekerjaan dan interaksi sehari-hari.
  • Memahami Psikologi Konsumen: Copywriting melibatkan pemahaman mendalam tentang psikologi konsumen dan apa yang mendorong mereka untuk mengambil tindakan.
  • Meningkatkan Kemampuan Pemasaran: Kemampuan copywriting yang baik adalah aset berharga dalam pemasaran.
  • Mengembangkan Portofolio: Pelatihan Prakerja copywriting dapat memberimu kesempatan untuk mengembangkan portofolio.
  • Menghasilkan Pendapatan Tambahan: Pelatihan ini membantumu mencari penghasilan tambahan sebagai seorang Copywriter.

Pelatihan Google Slides

Menghasilkan presentasi yang bukan cuma menarik, informatif, tapi juga interaktif bisa kamu dapatkan dengan mengikuti pelatihan Prakerja Google Slides. Ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan keterampilan presentasi yang efektif untuk sampai ke audiens.

Google Slides adalah salah satu alat produktif yang sangat berguna dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan, bisnis, dan presentasi pribadi. Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk mengikuti kelas Prakerja Google Slides:

  • Menguasai Alat Produktif: Dengan menguasai Google Slides, kamu dapat membuat presentasi yang menarik, informatif, interaktif, dan efektif.
  • Keterampilan yang Dibutuhkan dalam Berbagai Profesi: Kemampuan untuk membuat presentasi yang baik adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh semua profesi.
  • Peningkatan Daya Tarik Visual: Google Slides menawarkan beragam alat desain untuk membuat slides yang lebih menarik secara visual.
  • Retensi Informasi: Slides interaktif mampu meningkatkan retensi informasi alias kemampuan seseorang menyimpan, mengingat, dan mempertahankan informasi dalam jangka waktu lebih lama.

Pelatihan Pemandu Wisata

Pelatihan "Pemandu Wisata" akan membantumu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam membimbing wisatawan dengan pendekatan berkelanjutan.

Kamu bisa belajar tentang bagaimana merancang rencana perjalanan dengan menggabungkan aspek budaya, lingkungan, dan sosial, serta mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap tahap pemanduan. Dengan menyelesaikan pelatihan tersebut, kamu bisa mencairkan insentif Prakerja 2023 senilai Rp700 ribu.

Insentif Prakerja 2023 - GAMELAB

Baca Juga : Kuasai Seni Copywriting: Panduan Lengkap untuk Menulis Konten!

Penutup

Itulah pelatihan-pelatihan Prakerja yang bisa kamu ikuti sebelum mencairkan insentif Prakerja 2023. Sebaiknya, kamu tidak lupa bahwa pencairan insentif Prakerja hanya bisa dilakukan apabila kamu telah merampungkan pelatihan pertama dan mengisi survei yang tersedia di dashboard Prakerja.

Pelatihan-pelatihan Prakerja tersebut bisa kamu ikuti di Gamelab. Yuk, daftar pelatihannya sekarang dengan menghubungi link ini atau klik saja teks di bawah ini.

Trello

Desain Grafis

Instagram Marketing

Google Slides

Copywriting

Pemandu Wisata


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 12 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI