BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Hasil Karya Seni yang Merupakan Benda Tiga Dimensi Misalnya?

Hasil Karya Seni yang Merupakan Benda Tiga Dimensi Misalnya?

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 21 September 2023

Hasil Karya Seni yang Merupakan Benda Tiga Dimensi Misalnya?

Berikut ulasan mengenai hasil karya seni yang merupakan benda tiga dimensi. Serta bagaimana seni rupa 3 dimensi dan desain 3 dimensi memiliki pemahaman yang serupa, namun berbeda.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Secara sadar maupun tidak, karya seni tak terpisah dari kehidupan sehari-hari kita. Dalam segala bentuknya, seni memberikan dimensi yang membantu kita merayakan, mengkomunikasikan, merenungkan, dan memahami dunia sekitar dengan cara unik. Seni dapat berbentuk barang, suara, atau ragam lainnya. Lalu, apa saja hasil karya seni yang merupakan benda tiga dimensi?

Karya Seni adalah

Sebelum mengulas lebih jauh, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan karya seni. Karya seni adalah ekspresi kreatif manusia yang menggambarkan ide, perasaan, pemikiran, atau pengalaman melalui berbagai medium dan teknik.

Ini adalah cara manusia menggunakan imajinasi, pengetahuan, dan keterampilan mereka untuk menciptakan sesuatu yang memiliki nilai estetika, makna, atau pesan yang mendalam.

Secara singkat dan sederhana, karya seni biasa dimaknai sebagai benda estetik atau ciptaan artistik. Meski begitu, dalam makna paling luas, karya seni tak hanya berupa benda, namun juga bisa berupa suara, sastra, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa bentuk karya seni yang perlu diketahui:

Seni Rupa

Seni rupa adalah bentuk seni yang berfokus pada penciptaan karya seni visual yang dapat dilihat dan diapresiasi secara estetis. Seni rupa bisa mencakup dalam berbagai bentuk, misalnya seni rupa 2 dimensi atau seni rupa 3 dimensi.

Seni Terapan

Seni terapan atau seni rupa terapan adalah cabang seni yang berkaitan erat dengan penggunaan seni untuk tujuan praktis atau fungsional. Hal yang termasuk seni rupa terapan misalnya seni tekstil, kerajinan tangan, seni keramik, dan seni yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti seni dekoratif dan perhiasan.

Mengutip Repositori Kemdikbud, disebutkan bahwa seni rupa terapan digolongkan menjadi dua kelompok, yakni desain dan kriya. Dalam hhal ini, desain grafis, desain produk, desain ruangan, desain pakaian, hingga desain arsitektur juga termasuk dalam seni rupa terapan.

Seni Visual

Seni visual adalah seni yang bisa dilihat. Cabang seni ini berfokus pada pandangan dan persepsi visual, dan sering kali mencakup berbagai jenis media dan teknik untuk membuatnya. Karya yang termasuk dalam seni visual misalnya lukisan, gambar, patung, fotografi, seni digital, dan seni instalasi.

Seni Musik

Seni musik adalah bentuk seni yang melibatkan penggunaan suara seperti pengaturan bunyi, ritme, melodi, harmoni, dinamika, instrumen, dan struktur komposisi sebagai medium ekspresi artistik untuk menciptakan pengalaman auditif yang menggugah perasaan, pikiran, dan emosi penikmatnya.

Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan adalah seni yang melibatkan penampilan langsung dari para seniman di hadapan audiens. Karya yang termasuk dalam seni pertunjukan antara lain teater, tari, musik, opera, seni sirkus, stand-up komedi, dan lain-lain.

Seni Sastra

Seni sastra adalah seni yang menggunakan kata-kata tertulis atau lisan untuk mengungkapkan gagasan, emosi, cerita, dan konsep-konsep artistik. Karya yang termasuk dalam seni sastra antara lain puisi, prosa fiksi, drama, esai, novel, cerita pendek, dan banyak lagi.

Apa Itu Seni Rupa 3D?

Karya seni rupa 3D (tiga dimensi) adalah karya seni yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, sehingga bisa dilihat dan dinikmati dari segala arah. Dalam seni rupa 3D, nilai estetik dibagi menjadi dua, yakni bersifat obyektif dan subyektif.

Nilai estetis obyektif adalah nilai yang keindahannya berada pada wujud karya itu sendiri, alias keindahannya tak kasat mata. Sementara nilai estetis subyektif adalah nilai yang keindahannya tidak hanya pada unsur-unsur fisik yang diserap mata, tetapi juga tergantung pada penikmat alias orang yang melihatnya.

Seni rupa 3D memiliki beberapa unsur, yakni:

  • Bentuk: Terdiri dari bentuk formal dan non formal. Bentuk formal memiliki ukuran sesuai namanya, seperti persegi panjang, bulat, kerucut, dll. Sedangkan bentuk non formal umumnya tidak beraturan dan tidak memerlukan ukuran ketepatan.
  • Ruang: Terdiri dari ruang yang nyata dan ruang ilusi alias imajinasi. Ruang nyata adalah ruangan yang terlihat dan benar-benar ada seperti teras, ruang tamu, ruang tidur, dll. Ruang ilusi didasarkan pada imajinasi ruangan yang cuma ada di gambar tapi seolah benar adanya.
  • Tekstur: Ini adalah kondisi dasar lapisan atas benda dalam karya seni rupa.
  • Warna: Unsur ini berperan penting pada keindahan sebuah karya seni rupa tiga dimensi.

Adapun seni rupa tiga dimensi terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Seni rupa murni tiga dimensi yakni seni menciptakan objek tiga dimensi dengan tujuan utama untuk mengekspresikan ide, perasaan, atau konsep artistik. Jenis ini lebih mengutamakan keindahan daripada fungsi. Misalnya patung dan pahatan.
  2. Seni rupa terapan tiga dimensi yakni seni menciptakan objek tiga dimensi dengan tujuan praktis atau fungsional guna membantu kehidupan sehari-hari. Misalnya vas bunga, peralatan rumah tangga, dll.

Hasil Karya Seni Benda 3 Dimensi - GAMELAB

Hasil Karya Seni Benda 3 Dimensi

Berikut merupakan contoh hasil karya seni benda 3 dimensi dibedakan berdasarkan jenisnya.

Hasil Karya Seni Rupa Murni Tiga Dimensi

  • Patung: Patung adalah contoh klasik seni rupa murni tiga dimensi. Seni patung menciptakan representasi visual yang merangkum bentuk, tekstur, dan detail objek, baik yang konkret maupun abstrak.
  • Instalasi Seni: Instalasi seni adalah karya seni yang menciptakan pengalaman tiga dimensi di lingkungan tertentu. Seni ini sering kali melibatkan penggunaan berbagai bahan dan elemen seperti cahaya, suara, dan objek fisik.
  • Pahatan: merupakan seni membuat bentuk tiga dimensi dari bahan seperti kayu, batu, logam, atau bahan sintetis lainnya.
  • Kerajinan Tangan: melibatkan karya seni yang lebih praktis seperti seni pahat, pahatan lilin, dll.

Hasil Karya Seni Rupa Terapan Tiga Dimensi

  • Perabotan: Perabotan adalah contoh utama seni rupa terapan tiga dimensi. Misalnya meja, kursi, lemari, tempat tidur, dll.
  • Arsitektur: Desain dan konstruksi bangunan adalah bentuk seni rupa terapan tiga dimensi yang paling luas. Seni ini melibatkan desain, perencanaan, dan pembuatan model atau gambar yang menggambarkan detail visual dan teknis dari suatu proyek arsitektur.
  • Perhiasan: Perhiasan seperti cincin, kalung, dan gelang adalah contoh seni rupa terapan tiga dimensi yang digunakan untuk mempercantik tubuh.
  • Keramik: Seni keramik mencakup pembuatan barang-barang dari tanah liat yang digunakan untuk berbagai tujuan.
  • Produk Desain: Mencakup berbagai produk yang dirancang untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti alat makan, peralatan dapur, dan peralatan olahraga.

Seni Rupa 3D dan Desain 3D

Sama-sama karya tiga dimensi, kamu mungkin bertanya-tanya mengenai apakah seni rupa tiga dimensi dan desain tiga dimensi adalah hal yang serupa? Seni rupa tiga dimensi (3D) dan desain tiga dimensi (3D design) adalah dua bidang yang berhubungan erat dalam dunia seni dan desain, tetapi mereka memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. Berikut pemaparan singkat mengenai perbedaan di antara keduanya.

Seni Rupa 3D (3D Art)

  • Karya Artistik: Seni rupa tiga dimensi adalah tentang menciptakan karya artistik dengan dimensi tiga.
  • Fokus pada Ekspresi: Seniman tiga dimensi biasanya berfokus pada ekspresi pribadi dan kreativitas mereka untuk mengkomunikasikan gagasan, emosi, atau pesan melalui bentuk dan ruang.
  • Medium yang Beragam: Seni rupa tiga dimensi dapat menggunakan berbagai media seperti kayu, tanah liat, batu, logam, kaca, plastik, atau bahan lainnya. Biasanya banyak yang memanfaatkan keterampilan tangan.
  • Tujuan Utama adalah Seni: Tujuan utama dari seni rupa tiga dimensi adalah penciptaan karya seni yang memiliki nilai estetika dan artistik.

Desain Tiga Dimensi (3D Design)

  • Fungsional dan Praktis: Desain tiga dimensi lebih berfokus pada aspek fungsional dan praktis.
  • Menggabungkan Bentuk dan Fungsi: Desainer tiga dimensi berusaha untuk menggabungkan estetika dengan fungsionalitas. Tidak semata-mata berfokus pada keindahan.
  • Penggunaan Teknologi: Desain tiga dimensi memanfaatkan teknologi, tidak terfokus pada keterampilan tangan. Desain 3D seringkali menggunakan perangkat lunak dan teknologi komputer untuk merancang, memodelkan, dan menguji ide-ide mereka.
  • Tujuan Utama adalah Fungsi: Berbeda dari seni rupa 3D yang fokus pada estetika, tujuan utama dari desain tiga dimensi adalah menciptakan solusi praktis yang memenuhi kebutuhan pengguna atau klien.

Hasil Karya Desain 3D - GAMELAB

Baca Juga : Mudah Banget! Cara Membuat CV Menggunakan Canva, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya

Penutup

Itulah penjelasan mengenai karya seni, seni rupa 3D, contoh, hingga perbedaan seni rupa 3D dan desain 3D. Jika kamu seorang siswa SMK yang ingin mempraktikkan pembuatan karya 3D dalam bentuk Creative 3D Artwork, kamu bisa bergabung dengan Kelas Industri Gamelab. Caranya, ajak sekolahmu untuk bekerja sama dengan kami melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 21 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI