BERITA PRAKERJA Fitur-Fitur Tersembunyi CorelDRAW yang Kamu Harus Tahu!

Fitur-Fitur Tersembunyi CorelDRAW yang Kamu Harus Tahu!

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 29 Agustus 2023

Fitur-Fitur Tersembunyi CorelDRAW yang Kamu Harus Tahu!

Mengenal fitur-fitur tersembunyi dalam perangkat lunak CorelDRAW yang bisa memudahkan proses desain grafis agar lebih menarik, kreatif, dan efisien.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Fitur-fitur tersembunyi CorelDRAW - Saat membicarakan soal desain grafis, CorelDRAW menjadi perangkat lunak yang tidak bisa ditinggalkan. Software ini bukan hanya populer, tetapi juga ramah digunakan oleh pemula karena antarmukanya yang mudah. Namun, sudah tahukah kamu bahwa CorelDRAW memiliki fitur-fitur tersembunyi yang dapat memudahkanmu dalam proses mendesain?

CorelDRAW untuk Desain Grafis

CorelDRAW adalah perangkat lunak populer untuk kebutuhan desain grafis yang dikembangkan tahun 1989 oleh Corel Corporation. Seiring perkembangan zaman, CorelDRAW telah mengalami perkembangan yang signifikan dan tetap menjadi salah satu yang terbaik dalam bidang desain grafis.

Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat berbagai jenis karya desain, seperti ilustrasi, logo, brosur, pamflet, poster, kartu nama, dan masih banyak lagi. Perangkat lunak CorelDRAW memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

1. Antarmuka User-Friendly: Salah satu daya tarik CorelDRAW adalah antarmuka yang mudah digunakan. Desainer dari berbagai tingkat keahlian dapat dengan cepat beradaptasi dengan tata letak yang intuitif dan alur kerja yang lancar.

2. Fitur-Fitur Kreatif: CorelDRAW dilengkapi dengan berbagai fitur kreatif yang memungkinkan desainer untuk menghasilkan karya yang unik dan menarik. Beberapa fitur menonjol meliputi alat gambar vektor, efek khusus, pembuatan bentuk kustom, dan dukungan untuk berbagai jenis format file.

3. Kompatibilitas Format: Perangkat lunak ini mendukung berbagai format file populer, termasuk AI (Adobe Illustrator), PSD (Adobe Photoshop), PDF, SVG, dan banyak lagi. Ini memudahkan kolaborasi dengan profesional dari bidang lain dan memfasilitasi pertukaran file tanpa kehilangan kualitas.

4. Kecepatan dan Kinerja: CorelDRAW terkenal karena kinerja yang cepat dan responsif, bahkan ketika bekerja dengan proyek-proyek yang kompleks. Fitur seperti dukungan multi-core dan optimisasi GPU membantu menjaga kinerja yang tinggi bahkan dalam pekerjaan yang memerlukan pemrosesan berat.

5. Kelengkapan Aplikasi: CorelDRAW bisa berintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain milik Corel Corporation seperti Corel PHOTO-PAINT (untuk pengolahan gambar bitmap), Corel CAPTURE (untuk tangkapan layar), dan banyak lagi. Integrasi ini memungkinkan desainer untuk bekerja secara seragam dan efisien.

6. Support Multi-Media: Selain desain grafis, CorelDRAW juga mendukung pengeditan dan desain multimedia lainnya seperti ilustrasi, animasi, dan pengembangan web.

7. Update dan Dukungan: CorelDRAW secara teratur diperbarui dengan fitur-fitur baru dan perbaikan.Software ini juga memiliki komunitas pengguna yang kuat sehingga dapat membantumu memaksimalkan pengalaman penggunaan.

Selain keunggulan-keunggulan tersebut, CorelDRAW memiliki beberapa kekurangan, seperti file ukuran besar dan akurasi warna dari palet yang disediakan. Namun, kekurangan ini dapat diatasi dengan pengaturan dan penyesuaian yang tepat.

Fitur-Fitur Tersembunyi CorelDRAW - GAMELAB.ID

Fitur-Fitur Tersembunyi CorelDRAW

CorelDRAW memiliki beberapa fitur yang mungkin belum familiar oleh beberapa pengguna. Fitur-fitur tersebut antara lain:

1. Customisasi Workspace

Fitur Customisasi Workspace dalam CorelDRAW memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan toolbar, tombol, dan shortcut kunci yang ditampilkan dalam antarmuka perangkat lunak sesuai dengan preferensi dan kebutuhan individu.

Secara keseluruhan, fitur Customisasi Workspace dalam CorelDRAW memungkinkan pengguna untuk membuat workspace yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, sehingga alur kerja menjadi lebih optimal, efisien, nyaman, dan produktif.

2. Smart Drawing

Fitur Smart Drawing adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengubah coretan-coretan tangan menjadi garis yang halus dan sempurna secara otomatis. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat gambar atau desain dengan cepat dan mudah tanpa harus menggambar secara manual.

Fitur ini menggabungkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali bentuk yang digambar oleh pengguna dan mengubahnya menjadi objek vektor yang presisi.

Smart Drawing dalam CorelDRAW cocok untuk menggambar elemen-elemen seperti garis, kurva, lingkaran, dan bentuk lainnya dengan cepat tanpa harus secara manual memperhalus atau menyesuaikan bentuk tersebut.

3. Font Playground

Font Playground adalah fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan jenis font favorit dan membandingkannya, sehingga pengguna dapat memilih font mana yang cocok untuk desain mereka.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat melihat bagaimana teks akan terlihat dengan berbagai font, ukuran, warna, dan efek. Font Playground sangat berguna bagi desainer dalam mengidentifikasi font yang paling cocok untuk proyek desain mereka.

4. Power Trace

PowerTrace adalah fitur CorelDRAW yang memungkinkan pengguna mengubah gambar raster (gambar berdasarkan piksel) menjadi objek vektor. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengkonversi gambar berbasis piksel menjadi vektor yang bisa diedit dan diperbesar tanpa kehilangan kualitas gambar.

Dalam fitur PowerTrace, pengguna bisa mengambil gambar raster seperti foto atau gambar sketsa dan mengubahnya menjadi objek vektor dengan detail yang lebih tajam dan presisi.

Proses ini disebut sebagai "tracing" atau pelacakan, dan fitur PowerTrace memanfaatkan teknik algoritma canggih untuk mendeteksi tepi, garis, dan perbedaan warna dalam gambar, kemudian mengonversinya menjadi bentuk vektor.

5. Interactive Fill Tool

Interactive Fill Tool adalah fitur CorelDRAW yang dapat digunakan untuk mengisi objek vektor dengan warna, gradasi, atau tekstur. Fitur ini memberikan kontrol penuh pada pengguna untuk menghasilkan efek visual yang unik pada objek-objek dalam desain grafis.

Beberapa fungsi Interactive Fill Tool di antaranya memberikan isian warna pada objek, membuat efek interaktif lebih cepat, mengubah komposisi warna pada objek tertentu, dan memungkinkan pengguna penanda di halaman gambar dan property bar untuk mengubah fill secara dinamis.

6. Transparency Tool

Fitur Transparency Tool adalah alat dalam CorelDRAW yang berguna untuk mengatur transparansi objek vektor atau gambar dalam desain grafis. Transparansi mengacu pada tingkat ketidaktransparanan suatu objek, yang mengontrol sejauh mana objek tersebut dapat melihat melalui objek di belakangnya.

Fitur Transparency Tool lebih lanjut bisa digunakan untuk membuat efek transparansi bergradasi, kontrol gradasi transparansi, kombinasi dengan objek lain, efek cahaya dan bayangan untuk menciptakan ilusi 3D, menggabungkan warna-warna tertentu dengan transparansi, dan menciptakan efek visual.

7. Blend Tool

Blend Tool adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat efek duplikasi dan transformasi objek, mencampurkan objek dalam segi bentuk maupun warna, membuat efek morphing, dan menambah atau mengurangi jumlah objek blend.

Blend Tool bisa membantumu menciptakan efek perpindahan warna, bentuk, atau objek yang memberikan efek visual menarik dan kreatif pada desain. Fitur ini memberikan manfaat berupa efek visual yang menarik, transisi yang halus, pengaturan detail perpindahan, efek 3D dan dimenasi, serta fleksibilitas dalam melakukan kreativitas.

8. Envelope Tool

Envelope Tool adalah fitur yang bisa mengubah bentuk atau tampilan objek vektor dengan cara yang kreatif dan fleksibel. Envelope Tool memungkinkanmu mengubah objek vektor menjadi lebih dinamis, dapat mengatur perspektif atau sudut pandang objek, serta memberikan efek distorsi, memutar, dan melengkung yang kompleks. 

9. Mesh Fill Tool

Mesh Fill Tool adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memberikan isian multi-warna pada sebuah objek dengan transisi dan efek unik. Fitur ini dapat menciptakan efek tampilan seperti permukaan 3D, peralihan warna yang halus, dan tekstur yang mendalam pada objek, mengatur transparansi node tunggal, hingga menggabungkan dengan objek kompleks.

10. Object Manager

Object Manager adalah fitur yang bisa mengatur dan mengelola objek-objek yang ada dalam dokumen desain secara lebih terstruktur. Dalam sebuah proyek desain, kamu mungkin memiliki banyak objek seperti teks, gambar, bentuk, layer, hierarki objek, hingga master page.

Nah, fitur ini membantu menjaga agar semua objek tersebut tetap teratur dan mudah dikelola. Tool ini sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi dan organisasi dalam proses desain.

Fitur-Fitur Tersembunyi CorelDRAW - GAMELAB.ID

Baca Juga : Tutorial Menggambar Karakter Marbel Milik Educa Studio

Penutup

Dengan mengenal dan memanfaatkan fitur tersembunyi CorelDRAW, kamu bisa meningkatkan produktivitas dalam mendesain dan meningkatkan kualitas desain yang kamu buat.

Fitur-fitur tersebut juga bisa membantumu mengeksplorasi dan menciptakan desain yang lebih menarik dan kreatif. Sebaiknya kamu tidak ragu untuk mencoba dan menguji fitur-fitur tersembunyi CorelDRAW untuk menghasilkan desain yang lebih baik.

Jika kamu berkeinginan menjadi seorang desainer grafis, setidaknya kamu harus memulainya dengan belajar CorelDRAW dan mengeksplorasi tools dan fitur-fitur di dalamnya. Apabila dalam prosesnya kamu menemui kendala, maka jangan khawatir.

Kamu bisa mengikuti kelas prakerja Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Desainer Grafis di GAMELAB.ID. Yuk, daftar kelasnya melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 29 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI