BERITA PRESS RELEASE Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama

Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama

Oleh Rifka Amalia | Jumat, 6 Oktober 2023

Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama

SMKN 1 Bakauheni Lampung menjalin kerja sama SMK Binaan dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan lulusan kompeten dan berkualitas.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Di tengah persaingan kompetitif di pasar kerja, SMKN 1 Bakaeuheni Lampung jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Gamelab Indonesia menjalin kerja sama SMK Binaan bidang kompetensi Digital Artwork. Program ini diharapkan mampu menjamin mutu pendidikan lulusan SMK agar kelak siap kerja dan siap berwirausaha.

SMK Binaan Solusi Lulusan SMK Gagap Kerja

Kegagapan lulusan SMK dalam menghadapi dunia kerja menjadi kekhawatiran tersendiri bagi lembaga pendidikan vokasi di Indonesia. Bagaimana tidak, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sejatinya dibentuk untuk mempersiapkan lulusan siap kerja.

Namun, fakta yang ditemukan di lapangan justru banyak siswa lulusan SMK yang tidak siap berkecimpung di dunia kerja. Hal ini dibuktikan dengan indikator yang mengukur bahwa lulusan SMK masih yang tertinggi yang tidak terserap oleh pasar kerja alias Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Februari 2023 masih didominasi lulusan SMK.

Data tersebut bertolak belakang dengan tujuan dibentuknya SMK yang menginginkan lulusannya dapat bersaing di dunia kerja. Dalam hal ini, SMK Binaan hadir sebagai solusi untuk mencetak lulusan SMK yang berkualitas.

SMKN 1 Bakauheni Lampung menjadi salah satu pendidikan vokasi yang menyadari pentingnya mengasah keterampilan peserta didiknya untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten, terampil, berkualitas, dan mampu bersaing di pasar kerja yang kompetitif.

Kerja sama itu lah yang saat ini terjalin antara SMKN 1 Bakaehuni sebagai lembaga pendidikan dan Gamelab Indonesia sebagai industri yang bergerak di bidang teknologi dan digital kreatif.

Tujuan dan Manfaat SMK Binaan

Program SMK Binaan adalah bentuk pendidikan vokasi berupa kerja sama antara sekolah dan industri yang berfokus pada persiapan siswa untuk masuk ke dunia kerja. SMK Binaan memiliki beberapa tujuan dan manfaat.

Tujuan SMK Binaan

Berikut tujuan dibentuknya program SMK Binaan:

Mempersiapkan Lulusan yang Berkualitas

Salah satu tujuan utama dari SMK Binaan adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri. Ini akan membantu memenuhi kekurangan tenaga kerja yang ada di berbagai sektor industri.

Mengurangi Tingkat Pengangguran

Dengan fokus pada pelatihan vokasi, SMK binaan dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran pada jenjang pendidikan SMK. Tempaan dan binaan yang didapatkan dari profesional industri akan membuat siswa lebih berani menghadapi tuntutan dunia kerja.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi

SMK Binaan memiliki standar pendidikan yang tinggi yang mengintegrasikan pembelajaran teori dan praktik yang disesuaikan pada kebutuhan industri terkini. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

Mengembangkan Keterampilan Soft Skills

Selain keterampilan teknis, SMK Binaan juga membantu mengembangkan keterampilan soft skills siswa seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama. Keterampilan-keterampilan tersebut sangat penting untuk kesuksesan di dunia kerja.

SMK Binaan SMKN 1 Bakauheni - Gamelab

Manfaat SMK Binaan

Adapun SMK Binaan dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa SMK, di antaranya:

Kesempatan Praktik Lapangan

Siswa SMK Binaan memiliki kesempatan untuk melakukan magang atau praktik kerja di industri yang sesuai dengan jurusan mereka. Praktik lapangan tentu memberikan pengalaman nyata dalam dunia kerja.

Peningkatan Peluang Kerja

Lulusan SMK Binaan memiliki keunggulan dalam mencari pekerjaan karena mereka telah terlatih sesuai dengan kebutuhan industri. Mereka juga bisa lebih mudah diterima dalam program kerja sama dengan industri.

Kualitas Pendidikan yang Tinggi

SMK binaan menawarkan pendidikan vokasi berkualitas tinggi yang diakui oleh industri. Ini membuat lulusan SMK Binaan lebih dihargai di pasar kerja. Sehingga tak ada lagi lulusan SMK yang tidak terserap oleh pasar kerja.

Kontribusi pada Pengembangan Industri

Dengan menjalin kemitraan yang erat dengan industri, SMK binaan berkontribusi pada pengembangan sektor industri. Mereka dapat memberikan tenaga kerja yang terampil dan terlatih kepada industri, yang pada gilirannya dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

Kerja Sama SMKN 1 Bakauheni dan SMK Binaan Gamelab

Setelah bekerja sama dengan Gamelab, SMKN 1 Bakauheni Lampung akan menjalani kegiatan Kelas Industri. Yakni pengadaan kelas khusus di lingkungan sekolah dengan atmosfer industri.

Kelas Industri ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara langsung dengan trainer profesional yang disediakan oleh Gamelab untuk siswa-siswi SMKN 1 Bakaeuheni jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan bidang kompetensi Digital Artwork.

Sebelum melaksanakan Kelas Industri, Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni akan melakukan sinkronisasi kurikulum untuk menyelaraskan tujuan pendidikan. Sehingga materi kurikulum industri yang dibuat oleh Gamelab tidak akan mengganggu kurikulum utama di SMKN 1 Bakauheni.

Kelas Industri juga merupakan kesempatan emas bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan praktis, sehingga mereka bisa lulus menjadi SDM berkualitas yang tidak kelimpungan ketika nantinya terjun ke dunia kerja.

SMK Binaan SMKN 1 Bakauheni - Gamelab

Baca Juga : Kunjungan dan Diskusi Tim GAMELAB.ID ke SMKN 9 Surakarta

Penutup

Terjalinnya kerja sama antara SMKN 1 Bakauheni dan Gamelab merupakan contoh nyata bahwa sekolah dan industri bisa bersinergi dengan baik demi mencetak lulusan berkualitas.

Kepedulian terhadap kualitas lulusan SMK bisa kamu tunjukkan dengan mengajak SMK-mu bekerja sama dengan Gamelab dalam program SMK Binaan. Kamu bisa menghubungi link ini untuk detail informasi dan kerja sama.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Jumat, 6 Oktober 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI